Langsung ke konten utama

Postingan

MENGATASI SUMBER SUMBER KEMISKINAN (1)

Postingan terbaru

Sistim Ekonomi Kerakyatan

EKONOMI KERAKYATAN   adalah sistem ekonomi yang berbasis pada kekuatan rakyat, sedangkan Ekonomi Rakyat adalah kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh rakyat yang dengan secara swadaya mengelola sumberdaya apa saja yang dapat dikuasasinya setempat, dan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dasarnya dan keluarganya.  Arah kebijakan pengembangan sistim ekonomi kerakyatan yang mewujudkan demokrasi ekonomi mencakup :  Roda kegiatan ekonomi rakyat digerakkan oleh rangsangan ekonomi, sosial dan moral. Mewujudkan  kemerataan sosial   Nasionalisme ekonomi Koperasi menjadi soko guru ekonomi nasional   Keseimbangan antara pusat dan pelaksanaanya di daerah.      (Mubyarto, 1997)

Wirausaha Pemula

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) mengajukan permohonan ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu) agar membuka blokir tanda bintang pada program Wirausaha Pemula (WP).  Kemenkop UKM meminta program ini kembali dilanjutkan guna mempercepat angka pertumbuhan wirausaha di Indonesia. "Kami lagi ajukan lagi, tidak banyak tapi tetap ada. Kami lagi usahakan ke Kemenkeu supaya dibuka tanda bintang itu, karena bansos sudah tidak ada. Adanya bantuan pemerintah, takutnya disalahgunakan," ujar Deputi Bidang Pengembangan SDM Kemenkop dan UKM, Prakoso BS dalam acara Enterpreneurs Summit 2016 di gedung Smesco Jakarta, Rabu (11/5/2016). Sampai saat ini jumlah wirausaha di Tanah Air telah mencapai 1,6 persen dari target dua persen akhir tahun ini. Sebagaimana teori sosiolog David Mc Clelland yang menyebutkan suatu bangsa akan maju dan sejahtera bila minimal 2 persen jumlah penduduknya adalah wirausaha. Untuk Indonesia jumlah ideal wirausaha 2 persen dari penduduk Indonesia berarti dib

Mudik dan Pembangunan Desa

Mudik bukanlah fenomena khas Indonesia. Di negara negara Asia Selatan (India, Pakistan, Banglades) dan Timur (Tiongkok), tradisi mudik  juga menampilkan gambaran yang luar biasa. Momentumnya sama : hari raya atau hari besar. Jumlah pemudik tahun 2016 diperkirakan mencapai 20 juta jiwa. Banyak moda transportasi yang digunakan pemudik. Bagi Indonesia sebagai negara kepulauan, moda transportasi tidak hanya moda darat dan udara tetapi juga moda laut dan bahkan moda sungai. Maka kekhasan pemudik Indonesia adalah ragamnya moda yang digunakan. Ekonomi mudik tidak sekedar pergerakan orang, tetapi juga bergerakan barang dan uang.  Khusus uang tunai telah diprediksi oleh Bank Indonesia sekitar Rp. 160 trilyun untuk kebutuhan puasa dan tahun baru pada tahun 2016. Jumlah ini melonjak dibandingkan dengan tahun lalu sebesar Rp. 140 trilyun.  Jika dilihat dari sebarannya, sudah pasti Jawa menempati posisi tertinggi (33%) dan terendah  ada di kalimantan (7%). Dilacak dari asal usulnya mud

Masa Depan Milik Kami

"Selamat Pagi, Bapak,..."  begitu sapa anak anak desa Yokatapa, Kec. Sugapa, Papua. Inilah masa depan Papua. Anak anak pemilik masa depan yang harus senantiasa  dirawat untuk mencapai kesejahteraan dan kemakmuran Papua.  Perubahan politik, titik temu budaya dan pergeseran ekonomi membutuhkan  manusia manusia berkualitas  untuk hidup  lebih sejahtera; dan anak anak ini adalah benih masa depan.....

Penampung Hasil Pertanian "Desa Gunung" Papua

Tidak jauh dari bandara Bilogai, Intan Jaya, Papua, berdiri bangunan sebagai pusat penampung hasil hasil pertanian dari penduduk desa Bilogai dan sekitarnya.  Transaksi tidak terjadi setiap hari, namun keberadaan penampung itu sangat berguna bagi penduduk desa gunung itu. Melalui penampung itu menjadi titik masuk arus uang beredar di desa pegunungan.

Swadaya Kampung Pos, Desa Bojonggede

Desa Bojonggede, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor menjadi desa dengan wajah perkotaan. Indeks Desa Membangun (IDM) yang digunakan untuk penetapan status dan perkembangan desa dari Kementerian Desa, posisi Desa Bojonggede memiliki predikat desa "Maju". Wajar saja karena letak geografis desa yang berdekatan dengan Ibukota Jakarta.  Desa dengan karakteristik perkotaan ini masih memiliki potensi atau daya untuk menggerakkan keswadayaan. Melalui  program penanganan kawasan kumuh perkotaan (PSKKP), sebagai bentuk program  yang berganti dari program PNPM Perkotaan (P2KP),  salah satu lokasi yang biasa disebut Kampung Pos  berhadil memobilisasi dana +/- Rp. 16 juta. Dengan dana Rp. 51 juta berhasil membangun prasarana fisik  sepanjang 163 m.  Tentu saja prasarana jalan ini jauh dari kebutuhan.   Namun Prasarana ini cukup membuat nyaman penduduk yang lalu lalang ke stasiun kereta api Bojonggede ( disebut Kampung Pos, karena tigapuluh tahun lalu, pendu